Komparasi Akuntansi Sektor Publik Versus Akuntansi Bisnis





Perkembangan Pemikiran Akuntansi


komprarasi akuntnasi sektor publik vs akuntansi bisniis
sumber google



A. Sektor Publik VS Sektor Bisnis (Swasta)


Ketika zaman tembaga mulai dikenal atauakhir masa batu, pertambahan komunitas penduduk yang tinggal di daerah subur telah mengurangi kapasitas sumber daya alam. Berbagai kelompok berebut sumber daya yang ada, tentu mereka ingin mencukup kebutuhan dengan aman, dalam kondisi seperti ini kelompok yang dapat diidentifikasi sebagai kelompok kuat dan lemah atau kelompok penguasa dan non penguasa. Ini berarti perebutan sumber daya akan menentukan tatanan masyrakat.

Keterbatasan sumber daya memulai dilakukannya kerja sama antarkelompok nonpenguasa dan penguasa untuk memenuhi kebutuhan masyrakat di suatu daerah. Disinilah istilah kelompok swasta dan publik mulai dikenal. 

Kelompok swasta merupakan hasil perubahan kemasyrakatan, perubahan sosial, dan perubahan organisasi publik. Keterbatasan kapasitas penguasa publik membuka peluang peranan dalam pengelolaan perekonomian. 

B. Perlunya Akuntansi Sektor Publik Untuk Dipelajari

Mata kuliah akuntansi sektor publik merupakan mata kuliah wajib bagi program studi akuntansi. Pada awal Reformasi, bangsa ini mengharapkan pemerintahan yang bersih. Pemimpin yang baik adalah yang jujur. Pengenalan lembaga publik telah mendekatkan mahasiswa dengan realitas hidup. Patut kiranya akuntansi sektor publik menjadi penting untuk dipelajari sebagai bagian dari upaya memenuhi kebutuhan bagi terselesaikannya permasalahan negara ini.


Contoh soal latihan dari modul...
  1. Di New Zealand, program restrukturisasi pemerintahan melalui Triaprtiet Perundangan berdapat positif pada Restruksisasi Model Pemerintahan akrual dan mulai diimplementasikan.
  2. Di Indonesia, perubahan dan restrukturisasi seperti di New Zealand terjadi pada saat… era Order Baru
  3. Pemimping yang baik adalah yang JUJUR
  4. Akuntansi sektor public menjadi perlu dipelajari sebagai bagian dari upaya memenuh kebutuhan bagi terselesaikannya permasalahan Negara ini… Terwujudnya good ad right govermenave
  5. Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik (FDASP) telah dijadika forum pengembangan ilmu bagi para dosen. Temu kelimanya di Malang tahun 2006 mengjasilkan Struktur kurikulum S1 dan S2 telah di sepakati bersama.



Sekian dahulu postingan kali ini... rencana atau niat hati mau di bagi dua saja di bab 3 ini. jadi buat catatan sedikit kembudian jawab-jawab soal.
Mudah-mudahan kalian bisa jawab setiap soal yang ada selama ujian berlangsung. Mari kita budayakan belajar dan juga membaca agar generasi kita bisa kuat.

Pembahasan selanjutnya akan saya post di next pos dengan judul KOMPARASI AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK BERSUS SEKTOR BISNIS ( SWASTA )

Terdapat 5 soal juga nantinya dan bakalana aku update terus. Ditunggu yaa sayy ujiannyaaa...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komparasi Akuntansi Sektor Publik Versus Akuntansi Bisnis"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel