Pembahasan Agama Islam Kelas 12 Halaman 192

Selamat malam, malam ini saya akan membahas mengenai pelajaran Agama Islam halaman 192 -193 . Karena sebelum-sebelumnya saya pernah mendapatkan request dan tanggapan positif, saya ingin bilamana Anda tengah membaca postingan saya kali ini atau berniat untuk menyalin dan mendiskusikannya bersama teman, mohon dong untuk tinggalkan komentar, agar kedepannya bila saya memiliki ilmu dapat berbagi dengan Anda para pembaca dan tidak ragu-ragu lagi. jujur saya kurang yakin apakah Anda akan merespons positif atau justru Anda akan merespons negatif. Jadi mohon bantuannya.

find me on instagram @nifafani


Baik berikut akan langsung saya bahas mengenai halaman 192-193

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!

1. Mengapa terjadi perbedaan pendapat tentang sejarah awal masuknya agama Islam ke Nusantara (Indonesia)?

Jawaban : Terjadinya perbedaan pendapat tentang sejarah awal masuknya agama Islam ke nusantara (Indonesia) karena terdapat tiga teori yang dikemukakan para ahli sejarah terkait dengan masuknya agama Islam ke Indonesia, yaitu: Pertama, teori Gujarat yang menyatakan bahwa agama masuk ke Indonesia pada abad ke-13 M, melalui peran para pedagang India. Kedua, teori Makkah, yang menyatakan bahwa agama Islam tiba di Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M. Ketiga, teori Persia, yang menyatakan bahwa agama Islam tiba di Indonesia melalui peran  pedagang asal Persia sekitar abad ke-13 M. Masing-masing teori memiliki argumen ilmiah.'

NB : Party of Novels Murmer Under 5K and Party of Novels Murmer Under 20K. Grap it fast!

2. Apa yang kalian ketahui tentang perkampungan “Baros” di pesisir Sumatera dalam konteks sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia?

Jawaban : Kampung Barus adalah kampung Islam di daerah pesisir Barat Pulau Sumatera yang juga disebut Fansur. Kampung kecil ini merupakan sebuah kampung kuno yang berada di antara kota Singkil dan Sibolga, sekitar 414 kilometer selatan Medan. Amat mungkin Barus merupakan kota tertua di Indonesia, mengingat dari seluruh kota di Nusantara hanya Barus yang namanya sudah disebut-sebut sejak awal Masehi oleh literatur-literatur Arab, India, Tamil, Yunani, Syiria, Armenia, China dan sebagainya. Berdasakan buku Nuchbatuddar karya Addimasqi, Barus juga dikenal sebagai daerah awal masuknya agama Islam di nusantara sekitar abad ke-7 M.

3. Secara global kita menyatakan bahwa agama Islam tersebar di Nusantara secara damai. Bagaimana kalian menjelaskan makna “damai” tersebut dalam kasus penaklukan bersenjata, pertempuran antar kerajaan Islam, atau bahkan perang saudara karena berebut kekuasaan, seperti yang terjadi di kerajaan Demak? Uraikan jawaban kalian dengan menganalisis latar belakang kasus-kasus tersebut!

Jawaban : -

4. Agama Islam disebarkan melalui berbagai jalur/metode. Jalur apa yang menurut kalian paling cocok untuk digunakan dalam strategi dakwah dalam konteks abad digital seperti saat ini? Jelaskan alasan kalian!

Jawaban : -

5. Nilai keteladanan apa saja yang dapat kamu ambil dari para muballigh pada masa awal datangnya Islam di nusantara?

Jawaban : -

Terima kasih sebelumnya telah berkunjung. Mohon maaf bila ada yang kosong karena memang itu adalah pendapat pribadi. Saya memberikan peluang bagi Anda untuk mengemukakan pendapat Anda sendiri sehingga Anda dapat lebih leluasa dalam menentukan pilihan dan tetap teguh dalam iman.

Beberapa jawaban diatas saya ambil dari sumber buku pegangan guru yang mana Anda dapat mengunduhnya secara pribadi dan juga beberapa kawan serta relasi.

Untuk yang kepo mengenai sumber jawaban ini bisa kontak saya via email dan akan saya perkenalkan langsung dengan beberapa teman saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada orang-orang yang telah membantu dalam keberlangsungan blog ini.

Bila ada salah kata atau perbuatan mohon maaf. Anda dapat menghubungi saya via email stefanikristina@gmail.com atau via DM instagram @nifafani

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan Agama Islam Kelas 12 Halaman 192"

Post a Comment

Harap Komentar Dengan Sopan dan Tidak Mengandung SARA atau SPAM
Untuk pasang Iklan contact stefanikristina@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel