Kunci Jawaban PKN Halaman 41-43

Selamat malam para pembaca setia blog @NifaFani, hari ini saya akan melanjutkan postingan saya tentang kunci jawaban PKN halaman 42-43 ^^

Langsung saja yaa monggo untuk di cek..



Hal 42-43
1.      Bacalah sumber belajar lain, baik yang berasal dari media cetak maupun online yang berkaitan dengan keuangan Negara. Carilah tiga pengertan keuangan Negara menurut parapakar. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.
No.
Nama Pakar
Rumusan pengertian keuangan negara
1.
Bambang Kusmato
Keuangan Negara mencerminkan kegiatan-kegiatan pemerintah, sedangkan kegiatan-kegiatan pemerintah itu sendiri berada dalam sector publik (public sector), bukan berada dalam sector swasta (private sector).

2.
M. Subagio
Keuangan Negara adalah terdiri atas hak dan kewajiban negara yang dapat di nilai dengan uang, demikian pula segala sesuatu baik berupa uang maupun barang yang dapat dijadikan milik Negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban itu. Hak Negara meliputi hak menciptakan uang, hak mendatangkan hasil, hak melakukan pungutan, hak meminjam, dan hak memaksa.

3.
Suparmoko
Keuangan Negara merupakan studi tentang pengaruh-pengaruh terhadap pencapaian tujuan-tujuan kegiatan ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga-harga, distribusi penghasilan yang lebih merata dan juga meningkatkan efisiensi dan penciptaan kesempatan kerja.


2.      Berdasarkan pengertian-pengertian keuangan Negara tersebut, simpulkanlah persamaan dan perbedaan rumusan pengertian keuangan Negara yang diungkapkan parapakar yang kalian temukan. Kemudian, coba kalian rumuskan pengertan keuangan Negara berdasarkan pemahaman kalian sendiri.
-          Keuangan Negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun barang yang dapat dijadikan milik Negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut

3.      Jelaskanlah sumber-sumber keuangan Negara seperti yang telah disebutkan pada uraian mater sebelumnya. Tuliskan pada tabel di bawah ini :


No
Sumber keuangan negara
Pengertian/deskripsi
Contoh
1.
Pajak
Iuran wajib yang dibayar kan oleh wajib pajak berdasarkan norma- norma hokum tanpa mendapat balas jasa secara langsung

PPH, PPn, PBB dan Bea Materai
2.
Retrbusi
pembayaran yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan fasilitas tertentu

Retribusi Parkir, Retribusi Galian Pasir
3.
Keuntungan BUMN/BUMD
Salah satu bentu kintervensi pemerintah untuk menyediakan produk atau jasa yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, biasanya dapat mengontrol harga agar tidak dikendalikan oleh pasar / pemilik modal

Telkom, Bulog, Perusahaan Air Daerah
4.
Denda dan Sita
Bentuk penegakan disiplin dan karakter warga dengan cara memberikan hukuman financial terhadap sebuah pelanggaran

Denda keterlambatan pembayaran listrik
5.
Pencetakan uang
Bentuk usaha pemerintah untuk memudahkan transaksi di kalangan masyarakat, di samping  itu jumlah uang beredar juga bisa mengendalikan inflasi

the Fed America mengeluarkan kebijakan Moneter dengan mencetak lebih banyak dolar

6.
Pinjaman
Bentuk kegiatan sebuah institusi keuangan dalam mendapatkan keutungan melalui pemberian pinjam anuang kepada anggota / nasabahnya, yang akan dikembalikan beserta bunganya

Pinjaman usaha dari bank
7.
Sumbangan, hadiah, dan hibah
Bentuk pemberian yang tida k mengharuskan penerima untuk mengembalikannya

Sumbangan kepada korban banjir
8.
Penyelenggaraan undian berhadiah
Bentuk kompetisi atau kontes yang berhadiah, berusaha menarik perhatian dari pesertanya.

Undian Bank Mandiri berhadiah motor supra X
4.      Dari berbagai sumber keuangan Negara yang disebutkan dalam tabel tersebut, dalam pandangan kalian, manakah yang menjadi sumber keuangan terbesar bagi Indonesia? Berikan alasannya.
-          Menurut kami, pajak adalah sumber keuangan terbesar bagi Indonesia
Karena pajak merupakan sumber keuangan dengan jumlah ketentuan yang pasti dan memiliki kelipatan. Sehingga sumber keuangan terbesar bagi Indonesia adalah pajak.

Sekian postingan kali ini..