Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 35

Selamat malam..
Malam ini adalah malam terkahir saya yah untuk menyelesaikan penguploadan tugas PKN kelas 12 sebanyak 1 bab hehe ^^
Untuk bab selanjutnya Anda tunggu saja yah.. Sementara ini saya selesaikan untuk proyek-proyek saya yang terbengkalai terlebih dahulu.



Langsung saja, ini dia Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 35

  1. Bedakanlah makna hak asasi manusia dengan hak warga Negara ?
Jawaban : Hak asasi manusia bersifat universal, dimiliki oleh setiap orang. Sedangkan hak warga negara dibatasi oleh kewarganegaraan seseorang, hanya dimiliki oleh warga negara dari suatu negara yang bersangkutan atau menjadi kewarganegaraan orang tersebut.

  1. Mengapa terjadi pelanggaran HAM?
Jawaban : Pelanggaran HAM terjadi karena kurang adanya pemahaman akan HAM. Dari kurang adanya pemahaman, kemudian muncul lah pelanggaran karena kurang menghargai dan menghormati.

  1. Uraikanlah jaminan terhadap hak asasi manusia yang terdapat dalam Pancasila.
Jawaban : Hak untuk memeluk agama menurut kepercayaan masing-masing, hak untuk diakui atas persamaan derajat sesame manusia, hak untuk membela kebenaran, hak di hormati oleh orang lain, hak untuk berpendapat.

  1. Apa yang akan terjadi apabila dalam proses penegakan hak asasi manusia, pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan?
Jawaban : Apabila pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan maka dalam proses penegakan hak asasi manusia tidak akan berjalan dengan lancar ( tidak aka nada penegakan HAM ) karena tidak ada dasar atau landasannya.

  1. Mengapa liberalisme dan sosialisme tidak patut dijadikan landasan dalam proses penegakan hak asasi manusia di Indonesia?
Jawaaban : Liberalisme dan sosialisme tidak cocok sebagai landasan penegakan hak asasi manusia karena liberalism bersifat individual ( tidak memperhatikan hak orang lain ) sedangkan sosialiesme bersifat seluruhnya diatur oleh pemerintah. Sehingga tidak ada kebebasan manusia untuk berpendapat, berkarya, berkembang, dan jaminan keamanan, dll.

6. Sekarang ini begitu sering terjadi peristiwa pelanggaran HAM di masyarakat, seperti pembunuhan, penculikan, penyiksaan dan sebagainya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Siapa yang paling bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan tersebut? Apa peran kalian untuk menyelesaikan persoalan tersebut?

Jawaban : Peristiwa pelanggaran HAM seperti diatas seringkali terjadi karena adanya kurang pemahaman kemudian menghargai akan kepentingan HAM sehingga terjadi pelanggaran. Yang bertanggung jawab atas hal ini adalah lembaga yang di bentuk oleh pemerintah agar dapat mengurangi pelanggaran HAM. Peran kami untuk menyelesaikan persoalan tersebut adalah dengan turut membantu dan menyebarkan informasi mengenai HAM agar dapat mengurangi terjadinya pelanggaran HAM di Indonesia.


Nah, sekian dahulu postingan dari saya kali ini. Tetap sama pesan saya seperti pada postingan yang sebelum-sebelumnya. Mohon untuk koreksi terlebih dahulu dan jangan lupa untuk menjadi copaster yang baik dengan mencantumkan sumber Anda pada lembar pekerjaan Anda.